Berita

Berita Terbaru

Mengenal Penyakit Leukopenia, Penyakit yang Timbul Karena Leukosit Rendah

Friday 28 June 2019
Dalam tubuh manusia, terdapat dua jenis sel darah, yakni sel darah merah dan juga seldarah putih atau yang sering di kenal dengan istilah Leukosit.

Sel darah merah memiliki peranan untuk mengangkut oksigen ke organ dan semua jaringan tubuh, sementara sel darah putih sediri membantu untuk tubuh untuk melawan infeksi penyakit.

Anda Gemar Ikut Lari Maraton? Waspada Bahaya Kesehatan Ini!

Friday 05 October 2018
Olahraga lari bermanfaat untuk kesehatan jantung. Namun, lari maraton disebut-sebut dapat membahayakan kesehatan. Bagaimana faktanya?

Olahraga kardio baik untuk kesehatan jantung, termasuk lari, berenang, bersepeda, dan lain sebagainya. replicas rolex Lari kini menjadi olahraga yang sangat digemari masyarakat. Berbagai event lari maraton pun digelar untuk replicas relojes memenuhi animo masyarakat.


Probiotik mengurangi resistensi antibiotik pada anak-anak

Friday 05 October 2018
Probiotik
Probiotik terkait dengan berkurangnya kebutuhan untuk pengobatan antibiotik pada bayi dan anak-anak, menurut penelaahan terhadap studi yang menyelidiki manfaat probiotik.
Studi yang di lakukan.

Para peneliti Georgetown University School of Medicine menyatakan bahwa bayi dan anak-anak adalah 29 persen lebih kecil kemungkinan telah diresepkan antibiotik jika mereka menerima probiotik sebagai suplemen kesehatan sehari-hari.
replicas relojes
Arsip
28/06/2019 11:49:23 AM

Mengenal Penyakit Leukopenia, Penyakit yang Timbul Karena Leukosit Rendah


Sel darah putih ini memiliki peranan yang cukup penting dari sistem kekebalan tubuh manusia dalam membantu melawan penyakit dan infeksi.

Apabila jumlah Leukosit dalam tubuhnya rendah, maka seseorang dapat menderita penyakit yang bernama Leukopenia.

Penyakit ini terjadi ketika kandungan sel darah putih dalam tubuhnya sangat sedikit atau memiliki kadar Leukosit rendah.

Melansir dari laman MedicalNews, sebenarnya penyebab penyakit leukopenia bisa beragam, misalnya adanya masalah sumsum tulang, penyakit autoimun seperti lupus atau rheumatoid arthritis, serta adanya infeksi pada tubuh.

Namun, sebenarnya timbulnya penyakit ini adalah karena jumlah leukosit yang rendah dalam tubuh penderita.

Jika tubuh seseorang melawan infeksi, ini dapat mempengaruhi sel darah putih dalam tubuhnya. Mereka akan memiliki lebih sedikit jumlah sel darah putih di aliran darah.

Virus ini dapat mempengaruhi keadaan sumsum tulang yang menyebabkan kadar leukosit menjadi rendah.

Adanya infeksi darah juga dapat menyebabkan tubuh menggunakan sel darah putih lebih banyak dari biasanya.

Terkadang, orang dengan HIV (Human Immunodeficiency Virus) juga mengalami kekurangan sel darah putih.

"Leukopenia akan menyebabkan tubuh menjadi tidak bisa melawan infeksi. Penderitanya akan terisolasi untuk sementara waktu dari lingkungan luar," demikian penjelasan dari laman situs MedicalNews.

Adapun cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi apabila sesorang mengalami kekurangan sel darah putih adalah dengan cara kemoterapi.

Selain itu, cara yang lebih simpel yakni mengkonsumsi makanan sehat, istirahat yang cukup, hindari luka dan goresan, serta menerpkan pola hidup sehat dan kebiasaan hidup bersih.
(Windi)

HUBUNGI

  • Jl. GANDARIA TENGAH II DKI JAKARTA - 12130
  • 021-7203311, 7250718
  • 021-7222038, 7248175